Thursday, January 13, 2005

KEUTAMAAN RAMADHAN

Bismillahir Rahmaanir Rahiim,Assalamu'alaikum wa Rahmatullahi wa Barakaatuhu,Ba'da tahmid dan shalawat,Bapak/Ibu dan rekan muslimin yang dimuliakan Allah,Dari Abu Hurairah r.a., dari Nabi saw., beliau bersabda, "Barang siapa yang berpuasa Ramadan karena iman dan mengharap pahala dari Allah, maka semua dosanya yang telah lampau akan diampuni." (H.R. Bukhari dan Muslim)Alhamdulillah, segala puji bagi Allah SWT yang telah memberikan kesempatan kepada kita semua untuk beribadah dan beramal dalam bulan suci Ramadhan tahun ini. Saya berikan contoh-contoh amalan yang bisa kita lakukan didalam menjalankan ibadah puasa antara lain:
1) INFAQNabi Muhammad SAW pernah bersabda, "Rasulullah pernah ditanya sedekah apakah yang paling utama? Beliau menjawab, seutama-utamanya sedekah adalah sedekah yang dilakukan di bulan ramadhan" (HR. Tirmidzi , baihaqi, dan Ibnu khuzaimah)
2) IFTHARRasulullah SAW bersabda: "Barangsiapa yang di dalamnya (bulan Ramadhan) memberi ifthar kepada orang berpuasa, niscaya hal itu menjadi sebab) ampunan dari dosa-dosanya, dan pembebasan dirinya dari api Neraka." (HR. Ibnu Khuzaimah (dan ia menshahihkan hadits ini), Al-Baihaqi dan lainnya).
3) FIDYAH"Dan wajib bagi orang-orang yang berat menjalankannya (jikamereka tidak berpuasa) membayar fidyah, (yaitu) memberi makan seorang miskin" (QS. Al-Baqarah 184)
4) ZAKAT FITRAHDiriwayatkan dari Umar bin Nafi' dari ayahnya dari Ibnu Umar ia berkata: "Rasulullah telah mewajibkan zakat fithrah satu sha' dari kurma atau satu sha' dari sya'iir atas seorang hamba, merdeka, laki-laki, wanita, anak kecil dan orang dewasa dari kaum muslimin dan beliau memerintahkan agar di tunaikan/dikeluarkan sebelum manusia keluar untuk shalat 'ied." ( H. R : Al-Bukhary, Abu Daud dan Nasa'i).
5) ZAKAT MAAL"Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan mesucikan mereka, dan mendoakan untuk mereka. Sesungguhnya do'a kamu itu menjadi ketentraman jiwa bagi mereka. Dan Allah Maha Mendengar lagi Mengetahui" (QS At-Taubah 103)
WASSALAMU'ALAIKUM WAROHMATULLAH WABARROKATUH

No comments: